'',, Selamat Diwisudah kepada kawan-kawan ILmu Komunikasi 2011 UIN Alauddin Makassar, semoga ilmu dan gelarnya bermanfaat untuk bangsa dan negara ' ''

Monday 14 March 2016

''Perbedaan D4 dan S1''






      Kamu siswa yang baru lulus SMA/SMK/sederajad dan sekarang lagi nyari tempat kuliah? Wah, pasti kamu lagi pusing tujuh keliling karena bingung mau pilih yang mana di antara begitu banyak pilihan kampus dan prodi-prodinya. Seperti yang telah saya tulis sebelumnya tentang kampus-kampus yang mendapat akreditasi A oleh kemendiknas dan sebagainya. Tapi Tenang sajaa, intinya kalau memilih prodi ya sesuai dengan passion dan bakat kamu. Sementara kampus, cukup cari yang memang memiliki pamor bagus dan terakreditasi dengan baik.
         Nah, di antara semua kebingunganmu memilih tempat kuliah dan prodi. Apakah kawan-kawan pernahkah bingung memilih strata yang akan kamu ambil? Yang dimaksud strata adalah D3, S1, dan D4 atau biasa juga disebut S1 Terapan. Kira-kira apa bedanya tuh? D3 itu kan diploma, untuk mahasiswa yang berorientasi kerja, dan posisinya setingkat di bawah S1. Sementara S1 itu kan sarjana, bisa lanjut S2 menjadi Master dan S3 menjadi Doktor.
          Trus, apa pula itu D4? Lanjutan dari D3? Terus dari D4 itu harus ke S1 lagi? Atau bisa langsung ke S2? Atau gimana? Bingung kan?
           Oke, nampaknya memang masyarakat kita masih awam dengan D4. Umumnya kita mengenal bahwa setelah lulus SMA atau sederajad, kita bisa memilih D3 sebagai program diploma yang kuliahnya berorientasi pada praktek sehingga lebih mudah diterima kerja, atau memilih S1 alias program sarjana untuk menjadi akademisi yang berorientasi pada pengembangan ilmu. Jadi, apa pula itu D4? Inilah hal-hal yang wajib kawan-kawan pahami tentang D4 jika sedang berburu tempat kuliah.

         Pahami dulu KKNI, alias Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Kenali tiga jalur pendidikan serta stratanya dan bagaimana konsekuensinya pada dunia kerja. Di mana posisi D4?

Tapi sebelum melangkah ke D4, Pernahkawan-kawan mendengar KKNI?

Pasti jarang dan mungkin belum pernah sama sekali. Ok jadi seperti ini, menurut Perpres No.8 Tahun 2012, Negara Indonesia mengesahkan sistem Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia alias KKNI. Jadi, ada tiga jalur pendidikan yang diakui di Indonesia: Akademik, Vokasi, dan Profesi. Ketiga jalur ini memiliki sembilan level yang sama dan ketiga-tiganya berdiri setara.

Harapannya, kamu kuliah di manapun, dengan memilih jalur apapun, tidak akan ada bedanya secara derajad kompetensi.

Contohnya seperti ini Coba bayangkan ada tiga orang pelajar yang menempuh jalur pendidikan yang berbeda. Yang satu memperoleh gelar S1, artinya ia memiliki level 6 KKNI jalur Akademik. Orang yang kedua memperoleh gelar D4, artinya ia memiliki level 6 KKNI jalur Vokasi, orang ketiga mengikuti pelatihan profesi dan memperoleh gelar Ahli, yang artinya level 6 KKNI jalur Profesi.

Mereka bertiga, meski menempuh jalur pendidikan berbeda, akan dianggap memiliki kompetensi dan kemampuan yang sama. Sebagaimana anak SMA itu setara dengan SMK ataupun Madrasah Aliyah, sama-sama level 2 KKNI. Hanya beda jalur penekanan saja.

Lalu, D4 sendiri bagaimana? Yap, D4 seperti yang kamu lihat adalah gelar yang berada di jalur Vokasi dan berada di level 6 KKNI. Artinya, jika disandingkan dengan “saudaranya” di jalur Akademik, D4 itu setara dengan S1 atau Sarjana. Maka itu banyak yang menyebut D4 sebagai “S1 Terapan.” , atau dengan kata lain D4 itu setara denganj ‘’S1’’ trus Apa bedanya?

Seperti dikutip dari timeline LINE saya (iD: Sryalam) di akaun Anak kuliah yaitu:

S1 merupakan gelar level 6 KKNI yang berada di jalur Akademik, memiliki orientasi kurikulum yang menekankan teori. Diharapkan lulusan S1 bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang ia geluti sesuai bidangnya. Sementara D4 sebagai gelar level 6 KKNI yang berada di jalur Vokasi, memiliki orientasi kurikulum yang menekankan praktek. Diharapkan lulusan D4 bisa memiliki kemampuan praktis dan wawasan tentang kerja lapangan yang lebih mantap, sehingga mudah masuk ke dunia kerja.

Setara, tapi tak sama. Sederajad, tapi memiliki arah yang berbeda. Bisa dimengerti ? (kata dosen kebanyakan.)

YA, D4 itu setara S1
 Salah satu contoh Bidan Pendidik adalah salah satu Program Studi D4 di Sekolah Vokasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ynag dapat kita jumpai.
Cukup jelas kan? Jadi D4 itu setara dengan S1 menurut KKNI yang telah disahkan oleh Perpres No. 8 Tahun 2012. Perpres itu adalah aturan negara, jadi sah dan valid. Tidak bisa diganggu gugat kecuali anda melakukan demonstrasi dan menuntut penghapusan.( hahaha)

Baik S1 maupun D4 sama-sama gelar yang berada pada level 6 KKNI. Berarti, seseorang yang memiliki gelar S1 dan D4, sama-sama diharapkan bisa melakukan hal yang sama, memiliki beban kerja yang sama, dan disamakan pula gajinya.


Lha tapi kan katanya S1 dan D4 meski setara secara derajad tapi berbeda secara penekanan? Benar sekali, maka itu lulusan S1 sering ditempatkan di tataran manajemen strategis, karena ia memiliki wawasan teoretik, diharapkan ia mampu merancang rencana strategis perusahaan. Sementara D4 lebih sering berada di jabatan supervisor, alias manajer lapangan, karena kemampuan praktisnya dan wawasannya tentang kerja lapangan yang tidak hanya teori.

Tapi mohon diingat, ini semua kan hanya sebatas konsep antara gelar kuliah dan penempatan kerja. Perkara kamu ingin lebih mantap lagi dalam karir, bisa naik pangkat, jadi CEO, atau bikin perusahaan sendiri, itu kembali lagi lagi ke usahamu di dunia kerja!

Tapi Karena D4 itu setara S1, jadi apa bisa D4 melalanjutkan ke S2? YA BISA DONG!

D4 bisa melanjutkan ke jenjang S2 langsung!

Sudah lihat kan ilustrasi di atas? D4 kan setara S1, jadi logikanya D4 tentu saja bisa lanjut S2. Untuk di jalur Vokasi sendiri namanya S2 Terapan, yang kemudian nanti bisa kamu lanjut lagi ke S3 Terapan.

Sama saja seperti jika kamu lulus dari SMA, sepupumu lulus SMK, dan tetanggamu lulus Madrasah Aliyah (MA), meski nama sekolah kalian beda, namun derajad kalian semua sama dan sama-sama bisa lanjut kuliah. Kenapa? karena memang begitulah urutan jenjang pendidikan kalian. Yang tidak bisa itu kalau masih SMP tapi langsung lanjut kuliah. Itu baru main terobos pake dekkeng.

Namun bagi saya mau kuliah ambil D4 atau S1, intinya sama-sama mencari gelar untuk dapat kerja. Terlebih dari hgelar yang telah kamu dapat intinya fokus terhadap prodi yang kamu jalani agar lebih professional dibidang yang kamu geluti.

No comments :