'',, Selamat Diwisudah kepada kawan-kawan ILmu Komunikasi 2011 UIN Alauddin Makassar, semoga ilmu dan gelarnya bermanfaat untuk bangsa dan negara ' ''

Tuesday 15 March 2016

''5 Jurusan yang paling banyak diincar Perusahaan''

       


      ‘’kuliah yang baik, supaya cepat lulus dan bisa cepat kerja’’. Kurang lebih seperti itulah ungkapan paksa yang sering kita dengar  bersama dari orang tua, teman, dan kerabat kepada kita yang sedang menempuh gelar strata satu (S1), atau mungkin kepada kawan-kawan yang hendak melanjutkan sekolahnya ke bangku kuliah. kalimat-kalimat tersebut memang sangat layak dilontarkan dari orang tuakita, sebab merekalah investor dan motivator terbaik yang kita miliki saat kuliah. Dan dari doa merekalah kita dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. (-_-v).
   Namun tidak selamanya pula, seorang mahasiswa yang cepat menyelesaikan studinya akan mendapatkan peluang besar didunia kerja.  
       menurut beberapa penuturan dosen yang saya jumpai, cepat atau tidaknya mahasiswa itu menyelesaikan studi, belum tentu menjadi jaminan bagi dirinya untuk  mendapatkan kerja. begitupun sebaliknya dengan mahasiswa yang kuliahnya bertahun-tahun hingga melampaui batas semester. Akan tetapi semuanya itu sangat bergantung pada  keahlian/skill serta ilmu pengetahuan yang ia dapat semasa ia kuliah. Baik dari segi kegiatan internal maupun eksternal kampus.
        Namun lagi-lagi tidak hanya itu, jurusan seorang mahasiswa juga sangat berpengaruh besar bagi prospek kerja ia kedepannya. Jurusan merupakan salah satu syarat yang dipertanyakan ketika bersaing didunia kerja. karna jurusan seorang mahasiswa sudah sangat jelas memperlihatkan keahlian/skill yang mereka tekuni ketika kuliah.
       Selain berpenampilan menarik , jurusan juga menempati list teratas dalam persyaratan kualifikasi kerja yang dibutuhkan saat ini. Meskipun pada awalnya semua jurusan yang ada di universitas dan sekolah-sekolah tinggi memiliki prospek kerja yang baik, namun tidak disangkal lagi bahwa di era modern seperti sekarang, ada beberapa jurusan yang lulusannya memang sangat dibutuhkan dan paling banyak di incar oleh perusahaan-perusahaan.
     Berdasarkan perbandingan saya adaptasi  dari laman Dunia Kampus.com dan TIMES,  ada beberapa jurusan yang lulusannya  menjadi incaran dari instansi pemerintahan maupun swasta, dan mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kawan-kawan untuk memilih jurusan saat ingin kuliah nanti atau bahkan yang sedang kuliah di semester awal bisa langsung berpikir untuk hijrah ke jurusan yang memiliki prospek bagus di dunia kerja saat ini.


                                            Sumber: belajartambang.com

1. Pertambangan/Sipil

   jurusan pertambangan dan sipil menjadi salah satu jurusan yang paling dibutuhkan karena, bisnis pertambangan akan semakin maju, disebabkan hasil bumi dan keserakahan para pencari materi, hasil tambang juga bermacam-macam maka dari itu sangat dibutuhkan orang-orang ahli di dalam nya. Indonesia sendiri merupakan negara yang yang memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah ruah yang menuntut untuk dikelolah. Beberapa pernyataan sempat terlontarkan dari Wapres kita Jusuf Kallla tentang perekrutan sarjana pertambangan yang kuotanya berjumlah 300-500 orang tiap provinsi yang ada di Indonesia. Yang tujuannya untuk mensukseskan projek pemerintah dalam hal ini adalah Kementrian ESDM (Energi, dan Sumber Daya Mineral).




                                             Sumber: CaraDokter.blogspot.com


2. Kedokteran/Kesehatan
   Tidak diragukan lagi dengan jurusan yang satu ini, karena kebutuhan akan jurusan ini selalu stabil tidak seperti jurusan pertambangan yang tren karena semakin banyak nya hasil bumi yang diburu. jurusan kedokteran juga memiliki jaminan yang sangat bagus, dari tahun ke tahun jurusan kedokteran tidak pernah turun eksistensinya. karena di seluruh dunia pasti ada saja yang sakit.




                                           Sumber: Hukum.wodpress.com



3. Hukum
  jurusan hukum menjadi prospektif karena di setiap perusahaan pasti memiliki badan hukum, bukan hanya di perusahaan tetapi juga hukum dicari untuk dijadikan konsultan, pengacara, hakim, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dll, jadi untuk jurusan hukum sangat lah prospektif di dunia kerja.






                                                    Sumber: belajarITbogspot.com



4. IT/Informatika
    demam internet sudah sampai ke pelosok dunia, yang menjadikan jurusan ini prospektif adalah perkembangan zaman yang semakin lama, semakin menggunakan teknologi yang terintegrasi, dan dibutuhkan ahli-ahli IT di dunia kerja, apalagi di setiap perusahaan dan bahkan lembaga pemerintah pasti memiliki tim khusus yang menangani masalah teknologi informasi, coba cari perusahaan besar atau instansi pemerintah mana yang tidak pakai IT?




                                Sumber:www.penguinpublicrelation.com
   


     KOMUNIKASI
   komunikasi termasuk jurusan yang paling dibutuhkan, karena setiap manusia dalam berinteraksi memakai komunikasi, apalagi dalam hal memasarkan produk dagangan, berbicara di depan umum, serta humas (Public Relation) semua membutuhkan ahli komunikasi untuk memperlancar semua yang diinginkan oleh kita. Sebab karena komunikasi yang baik dapat meningkatkan penjualan dan karena komunikasi juga orang-orang tertarik dengan barang, diri kita, dan segala hal yang dekat dengan kita. Tidak hanya itu studi komunikasi, dalam kajiannya juga membahas tentang studi kejurnalistikan. Jadi kebanyakan mahasiswa yang berada di jurusan komunikasi tidak harus menunggu lulus untuk kerja, kebanyakan mahasiswa komunikasi langsung terjun didunia kerja di bidang media seperti wartawan. Selain itu di zaman modern ini juga banyak bermunculan konsultan komunikasi, yang sengaja didirikan untuk merancang kegiatan komunikasi terkait kepentingan politik seperti kampanye Dsb.

             

  itulah beberapa jurusan yang paling banyak dibutuhkan instansi pemerintahan/swasta berdasarkan data yang saya himpun dari kabarkanpus.com dan perbandingan majalah TIMES. Saran saya pribadi, sebaiknya pilihlah jurusan sesuai dengan keahlian dan bekal pengetahuan yang telah didapat dari bangku SMA. Tentukannlah jurusan yang ingin anda tekuni sesuai dengan pilihan hatimu. Tidak usah terpaku dengan jurusan yang trend dikalangan pergaulan, Soal kerja sendiri adalah rezeki yang telah ditatur Allah SWT. semoga bisa dijadikan refrensi untuk memilih jurusan yang tepat.



No comments :